Pengunjung ke

online counter

125 KANTONG KEBUTUHAN DARAH DI LAMSEL

KALIANDA-Stok darah di Lamsel setiap bulannya rata-rata aman. PMI Lamsel juga memiliki lebih dari 100 pendonor aktif dan biasa menyumbangkan darahnya.

Sedangkan untuk kebutuhan darah di Lamsel perbulannya rata-rata 125 kantong perbulan dari semua golongan darah. Kebutuhan juga terkadang tidak pasti apakah itu golongan jenis A, B, AB, atau O. Pastinya semua memiliki sama memiliki kebutuhan yang sama.

Kemudian untuk kebutuhan darah rutin adalah bagi pasien talasemia, gagal ginjal, pendarahan saat persalinan dan kecelakaan lalulintas. ”Tapi semua itu atas permintaan dokter di rumah sakit,” kata Sriyadi, koordinator Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Lamsel.

Ia menambahkan jika PMI dalam menyalurkan darah tidak ada timbal balik material atau jual beli, melainkan pengembalian darah. Hal ini untuk menjaga stok darah agar tidak kehabisan.

”Penggantian memang mestinya sesuai yang digunakan, tapi jika tidak ada bisa dengan golongan darah lain dan itu pun waktunya tidak ditentukan,” tambah Sriyadi. Selama ini P2D2S memang rutin mencari persediaan darah dan untuk kendala nyaris tidak ada.

”Kami memiliki 100 lebih pendonor yang selalu siap ketika diminta, dan juga ada sepuluh instasi diantaranya Pemkab, Polres, Kodim yang juga selalu siap menutupi kekurangan darah,” jelas Sriyadi.  

Diakui Sriyadi, untuk bulan April ini persediaan darah cukup banyak kegiatan sosial donor darah ada di beberapa tempat. Untuk saat ini jumlah stok darah adalah golongan A empat kantong, B sembilan kantong, AB sembilan kantong dan O ada 13 kantong.  (tri)

Baca Juga



Posted by Lintas News on 01.02. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for �125 KANTONG KEBUTUHAN DARAH DI LAMSEL�

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery