Pengunjung ke

online counter

Enam Kecamatan Kabupaten Pesawaran Tertular Flu Burung

PESAWARAN - Sebanyak enam kecamatan dari tujuh kecamatan di Kabupaten Pesawaran, selama tiga bulan terakhir ini sudah tertular virus flu burung terhadap unggas.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesawaran, Aspiran Syateri, didampingi Kabid Peternakan Distannak Pesawaran, Emi Yeni Erniati menuturkan, sejak Bulan Januari 2011 lalu sudah delapan kasus positif flu burung dan puluhan suspect atau diduga tertular virus avian influenza (AI) yang tersebar di enam kecamatan.

Menurutnya, Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu daerah endemis
penyebaran flu burung terhadap unggas karena apabila dalam satu desa
tertular maka daerah sekitarnya pun terinfeksi virus tersebut.

"Meskipun daerah ini endemis flu burung, namun itu hanya terjadi pada unggas bukannya manusia sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," terangnya, Rabu (20/4). 

Sementara itu, Kabid Peternakan Distannak Pesawaran, Emi Yeni Erniati pun menerangkan, akan tetapi yang utama,  seharusnya masyarakat yang memiliki ternak unggas khususnya ayam kampung selalu mengandangkan ternaknya sehingga dapat memutus penyebaran virus itu.

" Selain itu, masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang bangkai unggas sembarangan di sungai atau dibiarkan saja bangkai tersebut tanpa dikubur atau dibakar menjadi penyebaran virus," terangnya.

Menurutnya, permasalahannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengandangkan ternak unggasnya yakni karena mereka beralasan biaya pakan akan meningkat kalau ternak dikandangkan.

Terpisah dr yurisha Susanti, mengatakan, kesadaran masyarakat untuk melapor apabila terjadi kasus penularan sudah ada namun masih saja ada
sebagian masyarakat yang membuang bangkai di sungai sehingga penyebaran virus AI itu semakin cepat tertular.

Menurutnya, Penanganan terhadap penyebaran virus tersebut terhadap unggas
selama ini intensif dilakukan bahkan kerjasama dengan pihak kesehatan
setempat pun dilakukan agar tidak menular kepada manusia.

" Untuk itu, setiap hari tim gerak cepat pemantau penyebaran flu burung selalu turun ke lapangan guna mengantisipasi terjadinya kasus di daerah itu," ungkapnya.

Ia menambahkan, Sejak awal tahun 2011 sudah terjadi delapan kasus positif flu
burung yang menyerang di enam kecamatan namun dapat diatasi, bahkan hingga pertengahan Bulan April 2011 ini belum ada kasus lagi.(eka)

Baca Juga



Posted by Lintas News on 07.14. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for �Enam Kecamatan Kabupaten Pesawaran Tertular Flu Burung�

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery